Pembentukan dan Klasifikasi Gypsum

Gipsum terbentuk dalam kondisi berbagai kemurnian dan ketebalan yang bervariasi. Gipsum merupakan garam yang pertama kali mengendap akibat proses evaporasi air laut diikuti oleh anhidrit dan halit, ketika salinitas makin bertambah. Sebagai mineral evaporit, endapan gipsum berbentuk lapisan di antara batuan-batuan sedimen batu gamping, serpih merah, batu pasir, lempung, dan garam batu, serta sering pula berbentuk endapan lensa-lensa dalam satuan-satuan batuan sedimen. Menurut para ahli, endapan gipsum terjadi pada zaman Permian. Endapan gipsum biasanya terdapat di danau, laut, mata air panas, dan jalur endapan belerang yang berasal dari gunung api.

Gypsum terdiri dari dua klasifikasi yaitu gypsum yang terbentuk secara alami dan Flua-Gas Desulfurization (FGD).

Gipsum alami, terjadi pada formasi batuan sedimen, dan ditemukan di lebih dari 85 negara. Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko memiliki beberapa cadangan gipsum berkualitas tinggi. Gypsum ditambang di 17 negara bagian. Iowa, Texas, Utah, dan New Mexico adalah produsen yang sangat penting.

Seratus pon batu gipsum mengandung sekitar 21 pon (atau 10 quart) air yang dikombinasikan secara kimia. Batu gypsum ditambang atau digali, dihancurkan dan digiling menjadi bubuk halus. Dalam proses yang disebut kalsinasi, bubuk tersebut dipanaskan sampai kira-kira 350 derajat F, mendorong tiga perempat dari air yang digabungkan secara kimia. Gypsum yang dikalsinasi, atau hemihidrat, menjadi dasar untuk gipsum plaster, papan gypsum dan produk gipsum lainnya.

 

Flue-Gas Desulfurization (FGD) gypsum telah digunakan untuk memproduksi papan gipsum selama lebih dari 30 tahun. Produk samping desulfurisasi gas buang dari tumpukan pembangkit listrik berbahan bakar fosil, emisi yang diambil dari tumpukan asap dapat dimurnikan menjadi zat keras dan diproduksi menjadi gypsum. Saat ini, hampir setengah dari semua gypsum yang digunakan di Amerika Serikat adalah FGD gypsum. Gipsum alami dan FGD gipsum memiliki komposisi kimia yang sama, mereka adalah kalsium sulfat dihidrat (CaSO4 · 2H2O). Produksi dan penjualan gypsum FGD mendorong produsen listrik untuk menangkap "limbah" untuk digunakan kembali, daripada hanya menyimpannya.

 #aplus_gypsum #Gypsum_Indonesia #Gypsum #Gypsum_2018 #asal_usul_gypsum #sejarah_gypsum #mineral_gypsum #gypsum_aplus #pembentukan_gypsum #klasifikasi_gypsum

 

 

 

 

 

INFORMATION MEDIA